بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم

Berkongsi segala ilmu dengan harapan agar dapat bersama memperjuangkan cita-cita murni sebagai masyarakat yang bermaruah dan beretika selaras dengan ajaran ISLAM.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Friday 17 February 2012

QS AL-Baqarah , 2:44


     Diriwayatkan dari ibnu abbas bahwa ayat ini turun berkenaan dengan segolongan yahudi di madinah . Di antara mereka ada yang berkata kepada saudara kandung , kerabat , dan saudara-saudara sesusunya dari kaum muslimin agar mereka tetap dalam agama muhammad yang telah dianutkan dan menaatinya . Mereka meyuruh orang lain , tetapi diri mereka tidak melakukannya . (lubabun nuqul : 9)


ASBABUNNUZUL
Tafsir ibnu kasir
     Dalam ayat ini Allah swt. Menegur ahlul kitab yang selalu memerintah kebaikan , tetapi tidak pernah melakukannya . Mereka telah memahami kebenaran yang dianjurkan Allah swt , lalu mereka menyerukannya kepada orang lain , tetapi mereka justru melakukan pembangkangan terhadap Allah swt . Mereka ibarat orang buta , tetapi memerintahkan orang lain untuk melihat .
    Abdurrazzaq meriwayatkan dari qatadah bahwa dalam ayat ini , bani israil memerintahkan orang lain untuk selalu bertakwa kepada Allah swt dan melakukan kebaikan . Akan tetapi mereka sendiri tidak konsisten dengan ucapan mereka itu . As-saddi ibnu juraij  menegaskan , ahlul kitab dan kaum munafik memerintahkan umat manusia agar menunaikan shalat , puasa , zakat , dan selalu menyerukan agar beramal shaleh , namun mereka sendiri tidak melakukan semua itu .
       Muhammad bin ishaq meriwayatkan dari ibnu’abbas bahwa mereka justu lalai dan melupakan keadaan diri mereka yang telah melakukan pembangkangan terhadap syariat  Allah swt . Mereka mengingkari  kenabian dan melanggar  syariat yang ada dalam taurat . Intinya , mereka tidak konsisten denagan seruan mereka kepada orang lain .
     Dengan ayat ini Allah swt mengecam tindakan yang mereka lakukan yang selalu menyerukan amar makruf, tetapi mereka sendiri tidak mebenahi sikap mereka . Melakukan amar makruf nahi mungkar adalah perbuatan mulia , tetapi menjadi tercela jika orang yang melakukan tersebut justru melakukan pembangkangan terhadap syariat yang mereka serukan . ( al-misbah al-munir fi tahzib tafsir ibnu kasir , 1999 : 46-47 )

~ Credit to Ku Azmiza :) Barakallah ~

No comments: