بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم

Berkongsi segala ilmu dengan harapan agar dapat bersama memperjuangkan cita-cita murni sebagai masyarakat yang bermaruah dan beretika selaras dengan ajaran ISLAM.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Monday 31 October 2011

Kaum-kaum yang mengingkari janji terhadap Allah


Berita-berita tentang kaum terdahulu yang merupakan bahagian penting dalam Al-Quran, jelas-jelas merupakan hal yang patut kita renungkan. Sebahagian besar dari kaum ini mengingkari, bahkan memusuhi para Nabi yang diutus kepada mereka. Kelancangan mereka mengundang kemurkaan Allah dan mereka pun disapu bersih dari muka bumi.
 Al-Quran menjelaskan bahwa peristiwa-peritiwa menghancurkan ini hendaknya menjadi peringatan bagi generasi berikutnya. Sebagai contoh, Allah langsung menyampaikan firmanNya setelah pengambaran hukuman atas sekelompok yahudi yang menetang Allah.
    Maka kami jadikan (yang demikian) itu peringatan bagi orang-orang pada masa itu dan bagi mereka yang datang kemudian serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa (QS-Al-Baqarah 2:66) .
   Dalam banyak sumber kita dapat menelaah masyarakat-masyarakat masa lampau yang telah dihancurkan kerana penentangan mereka terhadap Allah. Sorotan atas semua peristiwa tersebut, masing-masing merupakan comtoh bagi manusia pada masa itu dan kini sehingga semuannya dapat menjadi sebuah “peringatan” .
      Selain itu, penghancuran kaum-kaum tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa apa yang diungkapkan Al-Quran benar-benar terjadi di dunia dan membuktikan keontingtikan cerita-cerita dalam Al-Quran. Di dalam Al-Quran, Allah menjamin bahwa ayat-ayat-Nya dapat diamati pada kontek dunia luar.


~ V Al-fatihah to Ku Azmiza and me :) Barakallah ~

No comments: