بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم

Berkongsi segala ilmu dengan harapan agar dapat bersama memperjuangkan cita-cita murni sebagai masyarakat yang bermaruah dan beretika selaras dengan ajaran ISLAM.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Sunday 8 April 2012

QS AL-Baqarah , 2 : 76

    Mujahid berkata bahwa rasulullah saw berdiri pada perang quraizah di bawah benteng-benteng pertahanan mereka . Beliau berteriak , “wahai saudara-saudara kera ! wahai para hamba-hamba tagut !” mereka menjawab “siapakah yang mengabarkan keadaan kita ini kepada muhammad ? sesungguhnya , tidak keluar panggilan ini terkecuali dari diri kalian sendiri kemudian turunlah ayat ini .” ibnu abbas mengatakan bahwa jika bertemu dengan kaum mukmini , mereka berkata “kami telah beriman. “ Akan tetapi , ketika berkumpul dengan sesamanya , mereka berkata “apakah orang-orang arab berkata tentang hal ini ? ” diriwayatkan oula oleh as-sassi bahwa ayat ini turun berkenaan dengan segolongan yahudi yang beriman kemudian mereka nifak . Ketika masih beriman , mereka sering mendatangi orang-orang mukmin arab dan menceritakan kebenaran rasulullah saw dalam taurat . Kemudian , mereka saling menyalahkan . (lubabun nuqul 9-10)




ASBABUNNUZUL
Tafsir ibnu kasir
     Ayat ini menerangkan bahwa orang-orang munafik ketika bertemu dengan orang mukmin, mereka mengatakan bahwa mereka juga beriman. Namun, ketika kembali kepada kelompok mereka, sikapnya berubah . Mereka berkata , “janganlah kalian menceritakan kepada mereka tentang kenabian Rasulullah saw .” mereka telah mengetahui kenabian muhammad saw karena telah disebutkan dalam kitab taurat . Dalam kitab mereka itu, diterangkan bahwa suatu saat akan datang seseorang bernama muhammad yang kelak diangkat sebagai nabi dan rasul bagi umat islam .
    Hasan al-bashir menegaskan, maksud dari ayat ini adalah ketika kaum yahudi bertemu dengan orang mukmim, dimanapun mereka berada, mereka berkata dan selalu menganjurkan berkata kepada sesama mereka, “kami beriman.” ketika kembali kepada sesama mereka, mereka berkata, “janganlah kalian bercerita tentang kebenaran yang ada dalam kitab kalian kepada bangsa arab . Hal itu karena mereka akn menyanggah dan membantah kalian di hadapan Allah. ” ibnu abi hatim, 1/239 . (al-misbah al-munir fi tahzib tafsir ibnuj kasir , 1999 : 58)


~ Credit to Ku Azmiza :) Barakallah ~

No comments: