بِسْمِ-اللهِ-الرَّحْمنِ-الرَّحِيم

Berkongsi segala ilmu dengan harapan agar dapat bersama memperjuangkan cita-cita murni sebagai masyarakat yang bermaruah dan beretika selaras dengan ajaran ISLAM.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Saturday 14 April 2012

QS AL-Baqarah , 2 : 62

Menurut al-wahidi dari mujahid , ayat ini berkaitan dengan salaman al-farisi ketika dia bertanya kepada rasulullah saw tentang nasib sahabatnya-sahabatnya yang meninggal sebelum islam datang . Rasulullah saw menjelaskan mereka tentang cara shalat dan ibadah mereka. lalu rasulullah saw bersabda bahwa mereka akan dimasukkan kedalam neraka. Maka dari itu , salman berputus asa , “seolah-olah gunung menimpa kepalaku .” Kemudian , turunlah ayat ini sehingga salman bersenang hati dan berkata “seakan anugerah besar yang dilimpahkan kepadaku.”(lubabun nuqul:9)


ASBABUNNUZUL
Tafsir ibnu kasir
Dalam ayat ini Allah swt menerangkan keadaan orang-orang yang sentiasa mendapat rahmat dari Allah swt . Barang siapa yang beriman kepada Allah swt dan hari akhirat serta beramal saleh dengan mengikuti semua petunjuk yang dibawa para rasul-nya , niscaya akan mendapatkan kebahagiaan abadi di dunia dan akhirat . Mereka tidak pernah berasa sedih karena sepanjang hidup selalu dianaungi rahmat Allah swt dan diakhirat ditempatkan di syurga-nya .
Rasulullah saw menegaskan , keimanan seseorang yahudi adalah mengimani taurat dan mengikuti syariat nabi musa sampai datangnya nabi isa . Setelah itu , mereka harus mengikuti syariat yang dibawa nabi isa karena syariatnya merupakan pelengkap syariat sebelumnya . Jika tidak begitu , bererti mereka telah kufur . Keimanan seorang nasrani adalah mengimani injil dan mengikuti petunjuk nabi isa sampai datangnya rsulullah saw . Setelah itu , mereka harus mengikuti petunjuk rasulullah saw. Jika tidak , mereka telah berbuat kesalahan dan akan dimasukkan ke dalam neraka. (al-misbah al-munir fi tahzib ibnu kasir , 1999 : 53-54)


~ Credit to Ku Azmiza :) Barakallah ~

No comments: